Inovasi Kuliner dan Ekonomi Kreatif Indonesia
Inovasi Kuliner
|
kuliner |
Kuliner adalah hasil olahan yang berupa masakan berupa lauk-pauk dalam makanan sehari hari , panganan maupun minuman. Kuliner tidak terlepas dari kegiatan masak-memasak yang erat kaitannya dengan konsumsi makanan sehari-hari atau bisa juga makanan khas dari berbagai kota maupun provinsi. Kata kuliner merupakan unsur serapan bahasa Inggris yaitu culinary yang berarti berhubungan dengan memasak. Banyak orang yang sedanng berpergian ke temppat tempat tidak lepas dari wisata kuliner. Banyak orang menyebut wisata kuliner lezat, wisata kuliner enak, wisata kuliner mantap dan lain sebagainya. Tapi bagi sebagian orang justru masih bingung, apa itu wisata kuliner. pengertian wisata kuliner bisa diartikan simple seperti jalan-jalan ke tempat dimana kita bisa menikmati makanan khas dari tempat tersebut. Untuk arti secara harfiahnya wisata adalah bepergian bersama-sama untuk memperluas pengetahuan, wawasan, dll
Sedangkan Kuliner berarti masakan atau makanan Jadi bisa disimpulkan bahwa secara ‘resmi’ wisata kuliner adalah bepergian bersama-sama untuk memperluas wawasan mengenai makanan yang belum kita ketahui atau bisa juga kita sudah mengetahui tetapi memang makanan tersebut membuat kita tertarik untuk mencobanya lagi.
Ada juga wisata kuliner yaitu wisata yang bertujuan untuk mencoba menikmati hasil masakan di tempat wisata tersebut. Misalnya wisata kuliner di kota Bandung yaitu mencoba menikmati makanan khas daerah Bandung.Wisata kuliner merupakan perpaduan menikmati suatu makanan sambil menikmati suasana jalan-jalan, bersantai atau sedang berlibur, sehingga memanfaatkan waktu ke tempat-tempat yang menyediakan makanan khas. Dengan kata lain istilah wisata kuliner dapat diuraikan secara bebas tanpa menghilangkan makna perpaduan antara berwisata sambil mencari makanan khas. Saat ini kuliner sudah merupakan sebuah gaya hidup yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari karena makanan adalah sebuah kebutuhan sehari-hari. Semua itu, membutuhkan cara pengolahan makanan yang enak.
Berwisata memang merupakan kegiatan yang mengasyikan. Banyak orang yang menyukai wisata, termasuk juga wisata kuliner. Bagi kamu yang suka jalan-jalan, bisa dipastikan juga menyukai kuliner. Di Indonesia sendiri terdapat ratusan kuliner lezat. Dari 33 provinsi yang ada, hampir di setiap daerah mempunyai kuliner khasnya sendiri. Bahkan biasanya para pecinta kuliner rela untuk melancong ke luar negeri hanya sekadar untuk menikmati kuliner khas di sana. jika yang perlu dipersiapkan sebelum memulai wisata kuliner ada 3 pokok, yaitu; menentukan lokasi, mencari informasi dan tentu saja menyiapkan budget.
Industri Kreatif dapat diartikan sebagai kumpulan aktivitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi. Industri kreatif juga dikenal dengan nama lain Industri Budaya (terutama di Eropa atau juga Ekonomi Kreatif. Kementerian Perdagangan Indonesia menyatakan bahwa Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut..
Industri kreatif dipandang semakin penting dalam mendukung kesejahteraan dalam perekonomian, berbagai pihak berpendapat bahwa "kreativitas manusia adalah sumber daya ekonomi utama dan bahwa “industri abad kedua puluh satu akan tergantung pada produksi pengetahuan melalui kreativitas dan inovasi.
Berbagai pihak memberikan definisi yang berbeda-beda mengenai kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam industri kreatif . Bahkan penamaannya sendiri pun menjadi isu yang diperdebatkan dengan adanya perbedaan yang signifikan sekaligus tumpang tindih antara istilah industri kreatif, industri budaya, dan ekonomi kreatif.
kegiatan kreatif ini termasuk baru, kedepan direncanakan untuk dimasukkan ke dalam sektor industri kreatif dengan melakukan sebuah studi terhadap pemetaan produk makanan olahan khas Indonesia yang dapat ditingkatkan daya saingnya di pasar ritel dan passar internasional. Studi dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi selengkap mungkin mengenai produk-produk makanan olahan khas Indonesia, untuk disebarluaskan melalui media yang tepat, di dalam dan di luar negeri, sehingga memperoleh peningkatan daya saing di pasar ritel modern dan pasar internasional. Pentingnya kegiatan ini dilatarbelakangi bahwa Indonesia memiliki warisan budaya produk makanan khas, yang pada dasarnya merupakan sumber keunggulan komparatif bagi Indonesia. Hanya saja, kurangnya perhatian dan pengelolaan yang menarik, membuat keunggulan komparatif tersebut tidak tergali menjadi lebih bernilai ekonomis. Kegiatan ekonomi kreatif sebagai prakarsa dengan pola pemikir cost kecil tetapi memiliki pangsa pasar yang luas serta diminati masyarakat luas diantaranya usaha kuliner.
Sektor kuliner termasuk kedalam sektor industri kreatif. Industri kreatif kuliner sudah memiliki pasar tersendiri baik di indonesia ataupun di internasional. Sektor kuliner ini meliputi dari pembuatan kuliner khas daerah, dan juga pemasaran produk khas daerah di indonesia. Sektor kuliner di indonesia sudah memiliki pasar yang luas dan juga sudah bisa bersaing dengan pasar ritel modern. Sektor kuliner menjadi industri kreatif yang cukup menjanjikan saat ini. karena memiliki nilai ekonomis namun tetap memiliki keuntungan.
Sub sektor kuliner memberikan kontribusi yang cukup besar, yaitu 30% dari total pendapatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Industri kuliner mempunyai potensi yang sangat kuat untuk berkembang, oleh karena itu pemerintah akan mendukung sub sektor ini supaya lebih maju.
Berpacaran bukanlah hal yang negatif jika kita menyikapi hal tersebut dengn baik. Seorang pasangan kekasih yang masih berpacaran, di usianya yang terbilang masih muda membuat bisnis kuliner yang menjadi sukses, dengan memilih nama Si Jago Chicken dan modal awal bisnis kuliner ini berdua bersama pacar loh, usahanya sekarang semakin dikenal oleh banyak orang.
sumber :http://www.kompasiana.com/meitiawaliya/inovasi-kuliner-dan-ekonomi-kreatif-indonesia_5885753abd22bda42436646b
Komentar
Posting Komentar